Selama 33 tahun, aku belajar apa?

Hai, pembaca yang mau mampir ke sini.

Akhirnya aku memutuskan untuk menulis lagi di sini. Entah akan sesering apa, tapi aku rasa aku bisa lebih banyak cerita di sini karena toh aku berhasil menulis banyak jurnal (pribadi, bukan penelitian, yaa..) di tahun lalu, hehe..

Dan kali ini, aku muncul lagi tepat di usiaku yang ke-33. Aku kehilangan banyak kesempatan untuk mempublikasikan banyak hal, dan aku ga mau ini terjadi lagi di umurku yang baru.

Jadi, mari kita lanjutkan tulisan ini, supaya kalian juga bisa belajar dari hidup yang sudah aku lewati 33 tahun ini. Ini yang mau aku bilang ke diriku sendiri.

Hey, Ricca!

✨ Lakukan apa yang bisa kamu lakukan di bawah kendalimu. Harapan akan orang lain akan bikin kamu uring-uringan sendiri. Kesal atas apa yang belum bisa kamu lakukan di tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, bahkan detik sebelumnya tidak akan mengubah apa-apa. Jadi, …

✨ Being present. Enjoy the moment. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat ini. Masa lalu tidak bisa kembali. Masa depan, siapa yang tahu?

✨ Untuk membangun kebiasaan, tidak penting untuk selalu berkualitas, yang penting adalah untuk selalu show up. Rutin lakukan 1% setiap hari.

✨ Kualitas memang perlu, tapi berdamailah dengan dirimu kalau ternyata hari itu belum bisa berkualitas. Oleh karena itu, …

✨ Catatlah kemenangan kecilmu di hari itu. Ini bisa membantu pikiranmu lebih terbuka bahwa kamu tuh …

✨ Good enough! You’ve done your best, lho..

✨ Showing up buat suami dan anak-anak ternyata dampaknya sangat luar biasa. Ini arti showing up yang beda lagi dengan poin no. 3, tapi manfaatnya sama-sama besar.

 ✨ Teruslah belajar, membaca, berbagi, dan tentunya beraksi. Ini semua yang bikin kamu bertumbuh pesat belakangan ini.

✨ Waktu adalah teman terbaikmu. Jangan sia-siakan karena banyak yang bisa kamu hasilkan.

✨ Tidur yang cukup bikin kamu lebih mantap menjalani hari. Tidurlah tidak lama dari jam tidur anak-anakmu.

✨ Hiduplah dengan lebih fun. Ringankan hati dan hari agar lebih menyenangkan.

✨ Teruslah bersyukur untuk hal-hal kecil. Setiap hari. Ini membuatmu terus hidup.


Sejauh ini, itu semua yang paling aku rasa dampaknya di hidup terbaikku saat ini.

Semoga bisa membantu kalian yang baca juga untuk jadi versi terbaik kalian, 1% setiap hari.

Cheers 🥂

Comments

Popular Posts