Pengamatan Bisnis di Kota Kendari_UCEO Course-Berburu Peluang Usaha (BPU): Tugas Minggu 1

Senin, 18 Mei 2015 pukul 18.00 WIB, tim Universitas Ciputra Entrepreneurship Online atau dikenal dengan singkatan UCEO kembali membuka kesempatan untuk mempelajari hal baru mengenai entrepreneurship dalam kursus singkat berdurasi 6 minggu dengan tema Berburu Peluang Usaha dengan pematerinya adalah Pak Ir. Antonius Tanan, MBA, M.Sc., MA (biografi Pak Antonius Tanan akan diceritakan pada link berbeda).




Di setiap minggunya, terdapat tugas lapangan yang diberikan untuk mempertajam kepekaan dan kemampuan kita dalam melihat peluang-peluang usaha di sekitar kita dan pengamatan dari tugas lapangan tersebut dibagikan (sharing) dalam discussion forum yang telah tersedia via Piazza.


Nah, untuk minggu pertama (Tema Minggu Ini: Desire), diberikan tugas untuk mengunjungi pusat-pusat perdagangan atau komersial yang disertai dengan gambar-gambar dari 3 bisnis/usaha yang sukses dan 3 bisnis/usaha yang gagal. Kemudian gambar-gambar tersebut dilaporkan dalam forum.


Tujuan pembelajaran tugas ini adalah agar pikiran kita terbiasa untuk mengamati pusat komersial yang sering kita kunjungi (seperti mall, rumah makan/restoran, toko, hotel, bisnis online, dan lain-lain) dengan cara pandang yang berbeda. Pak Antonius dan tim UCEO menuliskan bahwa hal ini merupakan sebuah "re-education of attention" untuk melihat sekeliling kita denga kaca mata etrepreneur dan bukan kaca mata konsumen.


Dan untuk tugas ini, saya telah melakukan pengamatan pada 3 jenis bidang usaha dengan masing-masing uraian yang dijelaskan mengenai konsep marketing mix, yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion).


Karena saya berasal dari Kota Kendari, maka saya mengulas tentang bisnis-bisnis di Kota Kendari.

Silakan simak tabel berikut.





Jika diamati dari ketiga jenis bidang usaha, banyak hal yang dapat kita analisis dan juga banyak solusi yang dapat disarankan untuk meningkatkan kesuksesan masing-masing bisnis tersebut.

Dalam ulasan ini, bisnis yang sukses akan semakin sukses jika terus konsisten menjaga dan meningkatkan usahanya. Dan untuk bisnis yang gagal (kata gagal berhubungan juga dengan kurang suksesnya usaha), saya berharap tulisan ini dapat menjadi pemacu untuk memperbaiki dan meningkatkan usahanya dalam melihat peluang.

Sekian dari ulasan tugas minggu pertama materi mengenai Desire saya dalam pengamatan lapangan untuk bisnis di Kota Kendari.


Nantikan tulisan-tulisan saya berikutnya.


-RAA-

Comments

Popular Posts